10 Manfaat Ajaib Wolfberry Untuk Kesehatan

Wolfberry telah dianggap sebagai buah asli Cina dan dapat tumbuh di daerah yang lebih hangat di seluruh dunia, termasuk Australia, Amerika Utara, cekungan Mediterania, Asia Tengah, dan Asia Barat Daya. Disamping itu, Cina adalah eksportir wolfberry terbesar di dunia.

Pohon wolfberry dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 3 meter, sedangkan buahnya kecil sekitar 2cm, berwarna merah atau oranye, berbentuk lonjong gelap dan rasanya pahit manis. Tidak hanya di Cina, tetapi juga di negara-negara Asia lainnya seperti Korea, Jepang, dan Vietnam juga memanfaatkan buah wolfberry mulai dari buah wolfberry, daun, akar, hingga kulitnya digunakan untuk tujuan pengobatan.

Berikut ini beberapa manfaat buah wolfberry bagi kesehatan:

Mengontrol diabetes

Diabetes telah muncul sebagai salah satu penyakit utama di dunia. Mengontrol atau mencegah diabetes mutlak diperlukan, karena dapat menyebabkan perkembangan beberapa penyakit lain seperti obesitas, penyakit jantung, penyakit kardiovaskular, stroke, dan penyakit mata.

Salah satu manfaat kesehatan utama dari mengkonsumsi wolfberry adalah dapat membantu dalam mengendalikan diabetes. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ekstrak buah wolfberry memiliki sifat hipoglikemik yang cukup.

 

back to menu ↑

Mengontrol kolesterol

Kolesterol adalah salah satu alasan utama untuk perkembangan penyakit kardiovaskular. Bentuk kolesterol seperti plak di dalam pembuluh darah dan arteri yang menghalangi aliran darah. Kolesterol terdiri dari dari dua jenis, yaitu HDL yang merupakan kolesterol baik dan LDL yang merupakan kolesterol jahat. Studi menunjukkan bahwa asupan buah wolfberry dapat mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL.

 

back to menu ↑

Melindungi tubuh dari radikal bebas

Studi penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi wolfberry dapat membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dikarenakan kandungan antioksidan yang berlimpah. Selain itu, antioksidan hadir dalam wolfberry juga dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

back to menu ↑

Anti kanker

Antioksidan, karotenoid seperti zeaxanthin dan vitamin C yang ada dalam wolfberry dapat memerangi sel-sel kanker, melawan pertumbuhan tumor, menurunkan kadar inflamasi sitokin dan detoksifikasi tubuh dari racun berbahaya.

Selain itu, wolfberry juga memiliki sifat anti-penuaan dan menunjukkan aktivitas anti-tumor terhadap berbagai jenis sel kanker kulit dengan menghambat pertumbuhan tumor dan merangsang apoptosis (kematian sel secara mendadak).

 

back to menu ↑

Melindungi sel otak dari kerusakan

Radikal bebas dapat menyerang tubuh kita dari dalam. Selain itu juga dapat menyerang neuron atau sel otak. Sel-sel otak yang rusak dapat mengembangkan penyakit neurodegeneratif. Penyakit-penyakit neurodegeneratif secara efektif dapat dilawan dengan mengkonsumsi wolfberry. Ekstrak wolfberry telah menunjukkan aktivitas saraf yang signifikan yang berguna bagi kesehatan otak.

 

back to menu ↑

Kesehatan hati

Hati adalah salah satu organ yang paling tangguh dalam tubuh kita dan dapat melindungi diri dari kerusakan kimia, radikal bebas, dan fisik. Namun, siklus kerusakan dan regenerasi dapat mengakibatkan kerusakan hati. Wolfberry kaya akan antioksidan yang akan menjadi pelindung bagi hati dari serangan radikal bebas.

 

back to menu ↑

Perlindungan kulit

Radiasi ultraviolet merupakan salah satu ancaman yang kita hadapi karena penipisan lapisan ozon di beberapa bagian dunia. Eksposur kulit terhadap radiasi UV dapat menyebabkan kerusakan kulit dan kanker kulit dalam kasus yang ekstrim. Kita bisa mengurangi risiko ini dengan mengkonsumsi wolfberry. Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam wolfberry signifikan untuk mengurangi peradangan kulit dan masalah kulit lainnya.

 

back to menu ↑

Meningkatkan energi dan mengatur suasana hati

Sebuah studi menyebutkan bahwa minum jus wolfberry secara teratur dapat membantu meningkatkan energi, suasana hati dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

 

back to menu ↑

Kesehatan mata

Wolfberry juga memiliki kemampuan untuk melindungi mata dari penyakit yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula. Selain itu, karena tingginya tingkat antioksidan (terutama zeaxanthin), dapat membantu menghentikan kerusakan dari paparan sinar UV, radikal bebas dan bentuk lain dari stres oksidatif.

 

back to menu ↑

Kesehatan tubuh secara umum

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi wolfberry dapat meningkatkan dan memperbaiki fungsi pencernaan serta mengurangi stres dan kelelahan. Hal ini juga dapat meningkatkan kinerja psikologis.

 

Sumber: khasiatsehat.com

Berlangganan Penawaran Dari Kami

Jangan khawatir, Kami tidak akan spam!

Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0