15 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Teh hijau telah lama dikenal sebagai tanaman yang memiliki beragam khasiat. Manfaat teh hijau sudah dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menambah kecantikan wajah, menurunkan berat badan, hingga mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Hal ini disebabkan karena teh hijau tinggi akan kandungan zat antioksidan seperti enzim, asam amino, dan polifenol. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin B, folat, mangan, potasium, magnesium, dan kafein.

Berikut ini adalah beberapa manfaat teh hijau bagi tubuhmu:

Meningkatkan fungsi otak

Bahan aktif dalam teh hijau yakni kafein berguna untuk mendukung fungsi otak. Sebabnya saat kafein masuk ke dalam otak, maka kafein akan memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut dengan Adenosine. Dengan cara ini, terjadi penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmitter seperti dopamine dan norepinefrin. Hasilnya, fungsi otak akan meningkat.

 

back to menu ↑

Teh hijau tinggi akan kandungan zat antioksidan. Hal ini memberi manfaat teh hijau untuk menurunkan risiko berbagai jenis kanker. Sebab diketahui bahwa kerusakan oksidatif berkontribusi terhadap perkembangan kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, serta kanker usus dan zat antioksidan dalam teh hijau mampu menangkalnya.

 

back to menu ↑

Meningkatkan kesehatan oral

Kandungan katekin dalam teh hijau memberi manfaat teh hijau untuk mendukung kesehatan mulut dan gigi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat ini akan membunuh bakteri Streptococcus mutans dalam mulut yang menyebabkan pembentukan plak dan menurunkan risiko gigi berlubang.

 

back to menu ↑

Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang menjadi epidemi saat ini. Namun jangan khawatir. Sebab kamu bisa menurunkan risiko diabetes dengan manfaat teh hijau. Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa mereka yang rajin minum teh hijau memiliki risiko 42% lebih rendah untuk terkena diabetes.

 

back to menu ↑

Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular termasuk penyakit jantung dan stroke bisa kamu cegah dengan manfaat teh hijau. Sebab minum teh hijau akan meningkatkan kapasitas zat antioksidan dalam darah yang kemudian berguna untuk melindungi partikel LDL dari oksidasi. Si peminum teh hijau pun memiliki risiko untuk terkena penyakit kardiovaskular lebih rendah 31%.

 

back to menu ↑

Membantu memobilisasi lemak dari sel lemak

Manfaat teh hijau yang pertama untuk penurunan berat badan adalah memindah lemak yang ada di dalam sel lemak. Sebab untuk membakar lemak, hal pertama yang harus terjadi adalah memecah sel lemak untuk kemudian dipindahkan ke aliran darah. Proses ini bisa kamu dapatkan dari minum teh hijau sebab minuman ini mengandung senyawa EGCG (Epigallocatechin gallate) dan kafein.

 

back to menu ↑

Meningkatkan pembakaran lemak

Kamu ingin lemakmu yang dibakar lebih banyak, terutama saat olahraga? Minumlah teh hijau. Ya, manfaat teh hijau lainnya adalah untuk meningkatkan jumlah lemak yang dibakar ketika kamu sedang olahraga. Hal ini terlihat dari penelitian yang membuktikan bahwa orang yang minum teh hijau sebelum olahraga membakar 17% lemak lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak minum teh hijau.

 

back to menu ↑

Meningkatkan metabolisme tubuh

Agar penurunan berat badan yang kamu jalani bisa berlangsung sukses, maka kamu perlu memiliki sistem metabolisme tubuh yang baik. Dan kamu bisa mencapainya secara alami dengan bantuan teh hijau.

 

back to menu ↑

Membuatmu mengonsumsi lebih sedikit kalori

Manfaat teh hijau lainnya untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi nafsu makanmu. Sebab salah satu rahasia agar penurunan berat badan ini bisa berlangsung maksimal adalah kamu harus mengontrol jumlah kalori yang kamu konsumsi.

 

back to menu ↑

Menghilangkan lemak abdominal

Lemak abdominal adalah jenis lemak yang bersarang di bawah kulit dan bersifat berbahaya. Sebab lemak ini terkait dengan munculnya peradangan dalam tubuh, resistensi insulin, dan penyakit jantung. Beberapa penelitian menemukan bahwa rutin minum teh hijau berguna untuk membakar lemak ini secara signifikan.

 

back to menu ↑

Mempercantik kulit wajah

Manfaat teh hijau yang utama untuk kecantikan wajah adalah bisa mempercantik kulit. Sebuah penelitian di tahun 2003 yang dilakukan oleh Medical College of Georgia menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau akan mengeluarkan racun dari kulit, menyembuhkan noda dan bekas luka, mengurangi peradangan, dan bahkan meningkatkan elastisitas kulit.

 

back to menu ↑

Mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam

Kandungan antioksidan dan tanin memberi manfaat teh hijau untuk mengobati mata yang bengkak dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Zat alami ini membantu untuk menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata yang gilirannya mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

 

back to menu ↑

Mencegah penuaan

Manfaat teh hijau lain adalah mencegah penuaan dini yang terjadi di kulit. Hal ini disebabkan karena teh hijau mengandung polifenol yang membantu untuk menetralisir radikal bebas berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan signifikan di kulit dan mempercepat terjadinya proses penuaan.

 

back to menu ↑

Mengobati jerawat

Kandungan katekin dalam teh hijau menjadikan teh ini berguna untuk mengobati jerawat. Sebabnya katekin bersifat anti bakteri, membantu mengatur ketidakseimbangan hormon, dan anti inflamasi yang jadi penyebab timbulnya jerawat. Bahkan sebuah penelitian di tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology menyimpulkan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG), komponen dalam teh hijau, membantu mengobati jerawat dengan memodulasi target molekuler intraseluler dan menghambat pertumbuhan bakteri jerawat.

 

back to menu ↑

Bisa berfungsi sebagai toner kulit

Ternyata kamu bisa memanfaatkan teh hijau sebagai toner kulit, lho. Ya, manfaat teh hijau lainnya untuk kecantikan kulitmu adalah mampu menarik kotoran yang tertinggal di kulit, memperkecil pori-pori, dan menghidrasi kulitmu.

 

Source: merdeka.com

Berlangganan Penawaran Dari Kami

Jangan khawatir, Kami tidak akan spam!

Reset Password
Compare items
  • Total (0)
Compare
0